Bagaimana Menentukan Biaya Pernikahan di Rumah?

Halo para pengunjung dan pembaca blog sekalian. Kali ini saya ingin membahas bagaimana menentukan biaya pernikahan di rumah? Agar pembaca sekalian bisa mengira-ngira berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengadakan sebuah pesta pernikahan lengkap dengan dekorasi pelaminan, katering pernikahan, tenda pernikahan, dekorasi kamar pengantin, dan lainnya.

Bagaimana Menentukan Biaya Pernikahan di Rumah

Menentukan Prioritas Biaya Pernikahan di Rumah

Tentunya dengan budget pernikahan yang ada, kita ingin menekannya seminimal mungkin. Untuk itu kita harus menentukan skala prioritas mengenai hal-hal apa saja yang harus didahulukan dan apa yang bisa dihindari. Hal ini untuk mengontrol pengeluaran kita dan membuat biaya pernikahan di rumah menjadi murah, namun tetap terkontrol karena kita memiliki list yang harus didahulukan.

Jumlah Undangan Pernikahan

Pertama, kita menentukan dulu jumlah undangan yang akan diundang dalam acara pernikahan kita. Apakah 100 undangan? 200 undangan? 500 undangan? atau 1000 undangan? atau bahkan melebihi angka seribu undangan pernikahan? Hal ini menentukan jumlah cetakan undangan, katering pernikahan yang akan dipesan, suvenir pernikahan untuk undangan yang datang, besaran tenda dekorasi yang akan digunakan, besar panggung pelaminan, besaran watt untuk keluaran sound system, dan lainnya. Intinya, jumlah undangan mempengaruhi semua budget yang anda miliki untuk menyelenggarakan pernikahan di rumah.

Jika sudah menentukan jumlah besaran undangan yang akan kita undang dalam pesta pernikahan kita. Maka segera cetak undangan sebanyak jumlah undangan yang kita inginkan, ditambah 10%. Misal kita mengundang 100 orang, lebihkan 10%, yaitu 10 undangan untuk dicetak. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Misal ada sanak saudara kita atau kolega kita yang lupa terundang.

Katering Pernikahan

Kemudian carilah katering yang berkualitas dan murah. Tanyakan ke sanak saudara dan kolega kita yang sudah menikah. Adakah katering yang bagus dan menawarkan harga yang murah yang pernah mereka gunakan? Dan jangan ragu untuk mencoba makanan mereka saat catering melakukan open house. Beberapa catering pernikahan yang sudah lumayan terkenal, sering melakukan hal ini. Setelah puas dan menemukan menu yang diinginkan, pesanlah catering. Pada umumnya, untuk mengatasi jumlah undangan yang datang ke pernikahan kita, kebanyakan pasangan pengantin memesan katering 2 kali lipat jumlah undangan, dengan asumsi setiap undangan membawa 1 orang lagi untuk menemani mereka ke acara pernikahan kita.

Jika kita mau berhemat dalam hal katering pernikahan. Hal yang paling umum yang dilakukan pasangan pengantin adalah memasak sendiri. Baik mengerahkan anggota keluarga, maupun tetangga atau ibu-ibu PKK. Hal yang patut dipertimbangkan ketika kita memasak sendiri adalah, alat-alat masak yang dibutuhkan sangat banyak dan membutuhkan ukuran yang besar. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa meminjam ke persewaan tenda. Biasanya mereka memiliki alat untuk memasak dalam skala besar.

Tenda Dekorasi

Setelah 2 hal tersebut diatas. Carilah tempat persewaan tenda dekorasi yang memiliki dekorasi sesuai yang kita inginkan. Beberapa pemilik tenda dekorasi memiliki warna kain untuk dekorasi tenda sesuai dengan tema pernikahan yang kita inginkan. Kemudian sewa tenda sesuai kebutuhan pernikahan kita. Jika kita mengkonsep untuk 10 jam acara pernikahan, maka kita tidak perlu kursi yang terlalu banyak karena undangan tidak datang dalam 1 waktu yang bersamaan. Begitu pula jika acara pernikahan kita hanya beberapa jam, kita butuh tenda dekorasi yang luas agar bisa memuat banyak undangan dalam 1 waktu. Konsultasikan hal ini ke pemilik tenda dekorasi yang akan kita sewa, komunikasikan yang kita inginkan, termasuk warna dekorasi, besaran tanah yang bisa dipakai, tata letak meja prasmanan, letak pelaminan, letak panggung hiburan, letak daerah cuci piring, dan lainnya

Kebanyakan pasangan pengantin memilih dekorasi pelaminan untuk dikerjakan oleh rias pengantin yang mereka sewa jasanya. Sebetulnya ada cara lain yang lebih baik, yaitu menyewa jasa pemilik tenda dekorasi untuk mendekorasi pelaminan. Mengapa? Karena agar kain dekorasi tenda dengan dekorasi tirai pelaminan) menjadi 1 padu warnanya. Agar tidak bertabrakan warnanya. Terkadang rias pengantin tidak memiliki tirai untuk backdrop pelaminan yang banyak pilihan warnanya. Lebih baik menyewa jasa pemilik tenda.

Tenda dekorasi biasanya juga bisa menyewakan meja prasmanan dengan dekorasi yang senada dengan tenda dan pelaminan, meja penerima tamu, kotak angpau, alat katering, gubukan atau stall makanan. Tanyakanlah kepada mereka mengenai alat-alat yang dibutuhkan untuk acara pernikahan anda.

Rias Pengantin dan Baju Pengantin

Hal yang harus dipikirkan adalah rias pengantin, rias untuk orang tua pengantin, among tamu (keluarga kita sebagai penerima tamu) pagar ayu/bagus (gadis atau jejaka sebagai pengiring pengantin), dan penerima tamu (gadis yang duduk di meja buku tamu dan menerima kado atau angpau dari undangan dan juga memberika suvenir pernikahan ke mereka).

Hal yang tidak boleh terlupa adalah tempat untuk merias. Kalau bisa siapkan 1 kamar di rumah yang sudah dirapikan dan tambah kaca atau meja rias dari kamar lain agar perias menjadi mudah untuk merias kita dan keluarga kita.

Sekian bahasan mengenai bagaimana menentukan biaya pernikahan di rumah. Komentar anda sangat ditunggu apabila ada bahasan yang tertinggal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s